| Selasa, 22 Mei 2012

Cara Menjadikan Tautan Dalam Daftar Link Blog Terbuka Di Halaman Baru Saat Diklik

Ilustrasi Daftar Link
Apabila Anda menggunakan blog dengan pltaform Blogger atau Blogspot, maka tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan widget ‘Daftar Link’ sebagai sebuah gadget yang dapat digunakan atau dimanfaatkan untuk menambahkan daftar dari koleksi situs, blog, atau halaman web yang menjadi favorit untuk ditampilkan di halaman blog yang Anda kelola. Namun tahukah Anda bahwasanya setiap situs, blog atau halaman web yang kita cantumkan dalam daftar link tersebut secara default akan terbuka di halaman yang sama dengan halaman yang digunakan untuk menampilkan blog yang kita kelola apabila tautan untuk situs, blog, atau halaman web tersebut diklik. Dengan demikian dapat pula diartikan bahwa halaman blog yang kita kelola akan tertutup dan kemudian terbukalah halaman baru sesuai dengan tautan link yang diklik pada bagian daftar link.

Nah, apabila kita tetap menggunakan setelan atau pengaturan default yang diberikan dalam widget ‘Daftar Link’ seperti yang saya uraikan di atas, maka sama halnya kita membiarkan pengunjung pergi dan meninggalkan begitu saja halaman blog kita yang tadinya sedang dibuka. Bagi pengguna internet yang sudah terbiasa dan mengerti cara yang digunakan untuk membuka sebuah tautan agar halaman dari tautan yang dimaksud ditampilkan halaman atau jendela baru, sebenarnya hal tersebut tidak akan menjadi masalah karena pengguna internet yang seperti ini biasanya akan memanfaatkan menu ‘Open Link in New Tab’, atau ‘Open Link in New Window’ sehingga halaman yang sebelumnya tetap terbuka dan tautan yang diklik dari daftar link pada halaman tersebut akan terbuka pada tab atau jendela yang berbeda.

Namun perlu kita ingat bahwa belum tentu semua pengunjung akan menggunakan teknik tersebut ketika membuka setiap tautan yang terdapat dalam daftar link pada halaman blog yang kita kelola. Sehingga salah satu cara yang dapat digunakan untuk mensiasatinya adalah dengan menambahkan script tertentu ke dalam template untuk widget daftar link, yang nantinya akan mengakibatkan halaman secara otomatis terbuka di halaman bari ketika salah satu tautan yang ada di dalam daftar tautan diklik oleh pengunjung. Sehingga dengan demikian pengunjung tidak perlu lagi menggunakan menu ‘Open Link in New Tab’, atau ‘Open Link in New Window’ untuk membuka halaman dari link yang dimaksud pada tab atau jendela baru.

Oke, sekarang kita kembali pada pokok bahasan utama, yaitu tentang cara menjadikan tatan yang terdapat dalam daftar link agar secara otomatis terbuka di halaman baru saat diklik oleh pengunjung yang sedang membuka halaman blog yang kita kelola. Jadi begini, cara yang digunakan untuk menerapkan teknik ini sebenarnya sangatlah simpel. Dan bahkan kode yang disisipkan pun bisa jadi sudah sering kita jumpai pada script atau kode yang bisanya dipakai untuk tukar tautan atau banner anttar sesama blogger, yaitu kode target='_blank'. Nah, seperti biasa untuk menambahkan script atau kode tertentu ke dalam template, maka terlebih dulu Anda harus login dan kemudian masuk ke editor template Blogger, dalam hal ini adalah dengan mengeklik menu 'Template’ >> ‘Edit HTML’ >> ‘Lanjutkan’ >> ‘Expand Template Widget’. Dan selanjutnya carilah kode <a expr:href='data:link.target'>, kemudian sisipkan kode target='_blank' dalam kode tersebut sehingga akhirnya rangkaian kode tersebut menjadi <a expr:href='data:link.target' target='_blank'>.

Dan apabila perubahan yang diperlukan sudah Anda lakukan, maka langkah berikutnya adalah simpan template yang Anda gunakan. Kemudian setelah itu cobalah untuk membuka halaman blog yang Anda kelola, dan selanjutnya cobalah pula untuk mengeklik secara langsung (tanpa menggunakan menu ‘Open Link in New Tab’, atau ‘Open Link in New Window’) salah satu tautan yang terdapat dalam daftar link. Nah, setelah Anda mengeklik salah satu tautan yang terdapat dalam daftar link tersebut, maka Anda akan mendapati bahwa halaman dari tautan yang diklik tersebut terbuka pada tab atau halaman yang berbeda, sedangkan halaman yang sebelumnya juga akan tetap terbuka. Sehingga dengan demikian pengguna tidak perlu lagi membuka halaman yang sebelumnya atau mengeklik tombol ‘Back’ ketika ingin membaca artikel lain yang terdapat dalam blog yang kita kelola.

Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar