| Selasa, 01 Mei 2012

Tahukah Anda Apa Yang Dimaksud Dengan Istilah Links In Pada Alexa?

Sebagian besar diantara kita bisa jadi sudah tidak asing lagi dengan widget atau gadget Alexa Traffic Rank, Traffic Graph, dan atau Site Stats Button, karena widget tersebut seolah akan selalu kita jumpai apabila membuka halaman website atau blog tertentu. Dimana sebenarnya maksud dan tujuan dari pemasangan widget tersebut, pada dasarnya adalah untuk mempermudah kita dan juga pengunjung website atau blog dalam mengetahui tingkat popularitas website atau blog yang dimaksud. Sehingga apabila kita mencermati data yang ditampilkan pada widget tersebut, maka informasi yang tertera untuk tiap-tiap website atau blog tentulah akan berbeda. Karena selain menampilkan tingkat popularitas sebuah website atau blog, widget tersebut pada dasarnya juga menyatakan peringkat sebuah website atau blog berdasarkan algoritma Alexa.

Akan tetapi bisa jadi diantara kita ada yang masih belum tahu atau belum paham sama sekali arti dan maksud dari salah satu informasi yang ditampilkan pada Alexa widget tersebut, dalam hal ini adalah tentang data yang tercantum pada bagian ‘Links In’. Ini terbukti dari salah satu pertanyaan yang diajukan oleh seorang pengunjung blog saya yang lain, yang menanyakan tentang apa yang dimaksud dengan ‘Links In’ dalam Alexa dengan pertanyaan sebagai berikut, “Gan, maksudnya Links In Alexa itu apa ya? Bingung ane. Punya tetangga pada rame Links In-nya tapi punya ane gak ada satupun”. Nah, atas dasar pertanyaan tersebut, Anda pun yang saat ini sedang membaca artikel ini bisa jadi juga belum mengerti dan memahami arti dari informasi yang ditampilkan pada bagian ini.

Baiklah, sekarang kita coba membahas apa yang dimaksud dengan informasi yang tertera pada bagian ‘Links In’ yang terdapat pada widget Alexa, dan juga bagaimana cara untuk mendapatkannya. Untuk yang pertama adalah tentang ‘Links In’. Bahwasanya Informasi yang tertera pada bagian ‘Links In’ dalam Alexa Traffic Rank misalnya, adalah menyatakan jumlah website atau blog yang tertaut dengan blog yang kita kelola, yang secara umum kita mengenalnya dengan istilah inbound link, backlink atau dapat pula disebut sebagai taut balik. Dimana berdasarkan algoritma Alexa, untuk setiap website atau blog yang tertaut akan dihitung sebagai 1 (satu) buah link walaupun di website atau blog tersebut terdapat beberapa tautan yang mengarah ke blog yang kita kelola. 

Sebagai contoh mudah misalnya begini, terdapat 5 (buah) artikel dari blog ini yang dikutip dan atau diterbitkan ulang di blog lain (misalnya adalah blog A), dan kemudian blog yang dimaksud (blog A) menyertakan link atau tautan sumber dari masing-masing artikel tersebut. Nah, logikanya karena terdapat 5 (lima) buah link yang mengarah ke blog ini, berarti blog ini akan mendapatkan 5 (lima) buah backlink dari blog A tersebut. Namun menurut perhitungan algoritma Alexa tidak demikian. Walaupun terdapat 5 (lima) buah link yang mengarah ke blog ini di blog A, maka ini akan tetap dihitung sebagai 1 buah. Sehingga apabila informasi yang ditampilkan pada bagian ‘Links In’ dalam widget Alexa yang terdapat di halaman sebuah blog berjumlah 100, maka dapat diartikan bahwa blog tersebut memiliki dan mendapat backlink dari 100 website atau blog yang berbeda.

Lantas bagaimana cara untuk mendapatkannya? Cara yang paling mudah untuk mendapatkannya adalah dengan melakukan blogwalking dan kemudian menuliskan komentar pada blog yang dikunjungi. Dimana komentar yang nantinya dapat menjadi sebuah backlink adalah komentar dengan menyertakan salah satu link atau tautan dari blog yang kita kelola, dalam hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan pilihan ‘Name/URL’ untuk berkomentar jika blog yang dikunjungi termasuk dalam kategori blog yang berbasis Blogger atau Blogspot. Sedangkan untuk blog yang berbasis Wordpress atau yang lainnya, pada umumnya telah menyediakan kolom tersendiri untuk URL sehingga kita dapat langsung mengisinya dengan URL yang menyatakan salah satu link dari blog yang kita kelola. Saya sebut salah satu link dari blog yang kita kelola karena URL tidak hanya boleh kita isi dengan link home page atau tautan beranda saja, namun dapat pula kita isi dengan tautan dari salah satu artikel atau halaman yang telah kita terbitkan.

Nah, sekarang sudah jelas bukan? Dari uraian yang saya paparkan di atas, harapan saya adalah semoga sekarang Anda dapat mengerti dan lebih memahami tentang yang dimaksud ‘Links In’ Alexa dan juga bagaimana cara untuk mendapatkannya. Sedangkan untuk mengetahui lebih jelas dan mendetail tentang hal yang ada kaitannya dengan blogwalking dan backlink, Anda dapat membuka artikel yang telah saya terbitkan sebelumnya, dalam hal ini adalah artikel yang berjudul “Hubungan Antara Blogwalking, Blog Dofollow Dan Nofollow, Backlink, Serta Pagerank Pada Sebuah Blog”.

Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar