| Selasa, 01 Mei 2012

Adakah Kita Memikirkan Cara Ini Untuk Menjadi Yang Nomor 1 Di Halaman Hasil Penelusuran Google?

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat pertanyaan dari seorang sahabat yang pertanyaannya kurang lebih begini, “3 (tiga) hari yang lalu ketika saya lakukan pengecekan terhadap posisi artikel yang terbitkan pada sebuah blog dengan menggunakan mesin telusur Google, artikel saya tersebut berada di halaman pertama dengan posisi paling atas atau nomor 1 (satu) pada halaman hasil penelusuran Google. Namun setelah hari ini saya coba lakukan pengecekan lagi, ternyata artikel saya tadi malah berada di halaman 200. Kenapa bisa demikian, padahal saya sudah melakukan optimasi ‘mati-matian’ terhadap artikel saya tersebut? Dan bagaimana caranya agar blog saya kembali tampil di halaman pertama Google?”.

Bisa jadi pengalaman seperti yang dinyatakan dalam pertanyaan di atas merupakan suatu hal yang juga sering kita alami, apalagi bila kita sedang mengikuti kontes SEO (Search Engine Optimization). Menurut pendapat saya hal yang sepeti itu sebenarnya adalah suatu hal yang sangat wajar, terutama saat kita sedang mengikuti sebuah kontes SEO. Kenapa saya katakan demikian? Jadi begini, ketika kita melakukan pengecekan terhadap posisi blog atau artikel kita di halaman hasil penelusuran dan mendapati artikel tersebut berada di posisi halaman pertama atau bahkan pada urutan nomor 1 (satu), bisa jadi karena saat itu memang artikel yang mengandung konten serupa atau artikel dengan pembahasan sama jumlahnya belum terlalu banyak, sehingga artikel kita posting dapat ditampilkan di halaman pertama hasil penelusuran Google.

Namun satu hal yang perlu kita ingat bahwa dalam kontes SEO misalnya, jumlah peserta yang ikut dalam kontes tersebut dapat dipastikan terbilang cukup banyak jumlahnya. Sehingga pada akhirnya artikel yang diterbitkan dengan isi atau materi pembahasan yang serupa atau bahkan sama pun akan bertambah banyak jumlahnya. Dan apabila dilogika maka dengan semakin banyaknya jumlah artikel yang serupa atau bahkan sama, berarti akan semakin besar pula tingkat persaingannya agar dapat masuk 10 (sepuluh) besar atau supaya dapat ditampilkan di halaman pertama hasil penelusuran. Sehingga sangatlah wajar apabila posisi artikel yang dimaksud tidak selalu dapat ditampilkan di halaman pertama atau nomor 1 (satu).

Kemudian yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, “Bagaimana caranya agar blog atau artikel kita bisa menjadi yang nomor 1 (satu) dalam SERP (Search Engine Result Page) atau halaman hasil penelusuran Google?”. Cara agar sebuah blog atau artikel dapat ditampilkan di halaman pertama hasil penelusuran Google sebenarnya simple dan tidaklah serumit yang kita bayangkan selama ini. Akan tetapi bisa jadi cara ini belum pernah terpikir dan terbayangkan oleh kita sama sekali. 

Jadi begini, salah satu hal yang perlu kita perhatikan lagi adalah, bahwasanya hasil penelusuran yang ditampilkan oleh Google merupakan penelusuran yang didasarkan pada konten. Sebagai contoh misalnya, apabila kita melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu, maka secara otomatis mesin telusur Google akan mencocokkan kata kunci tersebut dengan materi situs yang ada dalam indeks. Sehingga semakin banyak konten dalam indeks yang memiliki tingkat kecocokan dengan kata kunci yang digunakan, berarti akan semakin banyak pula hasil yang akan ditampilkan dalam SERP (Search Engine Result Page). Demikian pula sebaliknya apabila materi situs yang terdapat dalam indeks jumlahnya tidak terlalu banyak, maka hasil yang ditampilkan pun juga akan sedikit, sehingga peluang sebuah blog untuk tampil di halaman pertama akan semakin besar.

Nah, berdasarkan gambaran yang terdapat pada uraian di atas, maka dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa semakin banyak artikel yang diposting dengan materi atau konten yang serupa berarti akan semakin sulit pula agar bisa berada di posisi 10 (sepuluh) besar, dan demikian pula sebaliknya apabila semakin sedikit artikel yang diposting dengan materi atau konten serupa, maka akan semakin mudah pula untuk menempati peringkat pertama dalam halaman hasil penelusuran Google. Sehingga berdasarkan kesimpulan ini kita dapat membuat sebuah solusi untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan cara membuat artikel dengan konten atau materi yang benar-benar beda dengan artikel lain yang telah ada.

Memposting artikel dengan isi materi yang unik merupakan cara yang paling mudah agar artikel yang diterbitkan pada blog yang kita kelola dapat ditampilkan di halaman pertama hasil penelusuran. Disamping itu cara ini dapat pula dikatakan sebagai cara yang sangat sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama ataupun biaya berlebih dalam melakukan optimasi. Artikel dengan isi materi yang unik dapat diartikan sebagai artikel dengan kandungan materi yang benar-benar beda bila dibandingkan dengan artikel yang lainnya. Artikel unik dapat pula diartikan sebagai sebuah artikel yang membahas dan atau memaparkan suatu materi yang belum pernah dibahas sama sekali, dan kalaupun sudah pernah ada yang membahas materi serupa, bisa dibilang jumlahnya masih sangat sedikit atau langka.

Apabila dilihat dari segi traffic kunjungan yang didapatkan, dengan memposting artikel unik seperti yang saya uraikan di atas, dalam jangka pendek bisa jadi memang tidak akan menghasilkan traffic kunjungan yang tinggi seperti halnya apabila memposting artikel dengan konten atau isi materi yang paling sering dicari oleh pengguna internet saat itu. Namun bila kita ambil sisi positifnya, cara yang seperti ini sebenarnya sangat menguntungkan bagi kita. Karena dengan demikian maka dapat diartikan bahwa isi materi dalam artikel yang kita terbitkan tersebut akan lebih berkualitas dan tidak dianggap sebagai konten duplikat atas artikel lain oleh mesin telusur. Selain itu pengunjung yang membaca pun akan dapat mengambil manfaat lebih atas isi materi yang kita uraikan dalam artikel yang seperti ini.

Berdasarkan uraian di atas maka kita dapat mengambil sebuah kesimpulan lagi yang dapat dijadikan sebagai kunci utama agar artikel atau blog yang kita kelola dapat menjadi yang nomor 1 (satu) di halaman hasil penelusuran atau SERP (Search Engine Result Page), yaitu dengan cara membuat suatu hal yang benar-benar berbeda bila dibandingkan dengan yang lainnya dan menerbitkan artikel unik dengan berisikan materi yang masih jarang dibahas oleh orang lain atau belum pernah ditemukan sama sekali apabila dilakukan pencarian dengan memanfaatkan search engine.

Semoga berguna dan bermanfaat.
Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar